Jumat, 14 Agustus 2009

Mengenal DD-WRT

What Is...?

DD-WRT adalah firmware yang dikembangkan oleh sekumpulan orang yang dirilis menurut Lisensi Publik Umum (GPL) untuk standar IEEE 802.11 a/b/g/h/n suatu router yang berbasis rancangan berchipset Broadcom atau Atheros. Untuk daftar peralatan yang didukung firmware dd-wrt ini, silahkan lihat halaman Perangkat yang Didukung

Firmware tersebut dikembangkan oleh BrainSlayer dan ada di www.dd-wrt.com. Versi pertama DD-WRT tersebut berbasis pada Firmware Alchemy dari Sveasoft Inc, yang mana merupakan perubahan yang didasarkan pada firmware Linksys GPL’d asli dan sejumlah proyek open source lainnya. DD-WRT diciptakan secara langsung dari ketegasan software Sveasoft’s untuk mengakhiri pengembangan firmwarenya, dan menutup pintu untuk open source.

Saat ini DD-WRT tersedia bebas meskipun untuk model bisnis telah dikonsep oleh BrainSlayer layak untuk membayar imbalannya, yang telah bekerja full time.

Versi baru DD-WRT (v24) sp 1 merupakan proyek yang baru diselesaikan. DD-WRT banyak menawarkan fitur-fitur yang diunggulkan yang tidak ditemukan pada firmware asli bawaan pabrik (OEM, Original Equipment Manufacturer) dari perangkat tersebut, atau firmware yang lengkap dengan membelinya dari Sveasoft. Juga merupakan produk bebas aktivasi dan ditemukan merujuk firmware Sveasoft.

Catatan: Firmware beta, karena sangat baru, mungkin saja terdapat gangguan-gangguan (bugs). Hal ini tidak dianjurkan untuk menginstal firmware beta jaringan skala besar yang digunakan bisnis, dan sebagainya. Bagaimanapun juga, sekarang telah ada bugtracker yang ditempatkan dalam firmware DD-WRT, disini tempatnya: DD-WRT Bugtracker

Diantara fitur-fitur lain yang tidak ditemukan firmware original Linksys, DD-WRT menambahkan Kai Daemon untuk Kai Console Gaming network, WDS wireless bridging/repeating protocol, Radius Authentication untuk komunikasi wireless yang lebih aman, kontrol Quality of Service yang ditingkatkan untuk alokasi bandwith, dan dukungan software untuk mendukung modifikasi hardware SD-Card.

Yang Diperlukan

  • Komputer (Windows, Linux, Mac, apapun bisa)
  • Koneksi internet broadband(DSL, Kabel, atau yang serupa)
  • Router Linksys WRT54G/GL/GS atau router lain yang didukung.
  • Image firmware DD-WRT dari The DD-WRT Project
  • Ikuti instruksi instalasinya untuk menginstal firmware yang baru pada router anda.

Fitur-Fitur DD-WRT

Fitur Lengkapnya dapat dilihat di http://www.dd-wrt.com/wiki/
sumber http://www.dd-wrt.com/wiki/index.php/What_is_DD-WRT%3F

Tidak ada komentar:

Posting Komentar